Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
12 March 2020
Baskoro Aris Sansoko

Ketika Anda menjalankan klinik, diperlukan berbagai macam persiapan serta hal-hal yang harus diperhatikan agar klinik Anda dapat berjalan dengan lancar dan berkembang lebih besar. Salah satu hambatan terbesar yang bisa menjadi sumber masalah adalah keuangan klinik. Berikut beberapa masalah keuangan yang seringkali menimpa klinik pratama yang patut Anda waspadai.

Kompetisi Harga

Tidak bisa dipungkiri, saat ini banyak sekali klinik dan fasilitas kesehatan yang menawarkan harga yang murah. Bahkan, banyak sekali klinik online bermunculan yang mengandalkan teknologi dengan harga yang terjangkau bahkan gratis. Begitu pula dengan klinik pratama yang berskala kecil, tentu harga yang murah dapat menarik pasien untuk berobat ke klinik Anda. Namun, jika dilakukan secara terus-menerus tanpa perencanaan yang matang, kompetisi harga ini nantinya akan merugikan klinik Anda. Tak ayal, pasien pun juga akan mempertanyakan kualitas yang klinik Anda berikan jika Anda berani memasang harga yang terlalu murah.

Inovasi Digital

Seiring dengan perkembangan teknologi, klinik dan fasilitas kesehatan dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman dengan pelayanan pasien yang terintegrasi dengan sistem klinik pratama sehingga mampu memberikan layanan yang canggih dan maksimal. Salah satu contoh nyata dari inovasi digital adalah penggunaan autentifikasi data software untuk mengakses sistem finansial klinik yang terintegrasi secara digital untuk memudahkan akses bagi pasien, perawat dan dokter. Sayangnya, diperlukan biaya yang tidak sedikit untuk mengakses semua itu, dan hal tersebut bisa menjadi masalah pada keuangan klinik yang harus diminimalisasi.

Manajemen Anggaran yang Buruk

Salah satu hal fatal yang dapat menyebabkan masalah keuangan klinik yang berkepanjangan adalah manajemen anggaran yang buruk, yang meliputi berbagai macam aspek mulai dari perencanaan pengeluaran, stok operasional serta pembukuan keuangan. Oleh karena itu, perencanaan keuangan yang baik sangatlah penting dalam menentukan kemajuan klinik pratama Anda. Penting bagi Anda untuk mengetahui rincian anggaran kasar sebelum merencanakan anggaran secara mendalam. Selain itu, dengan perencanaan anggaran yang rinci dan tepat, maka klinik Anda dapat memberikan pelayanan maksimal kepada pasien serta terhindar dari kerugian yang berarti.

Rendahnya Return on Investment

Return on Investment adalah keadaan dimana keuntungan yang didapat belum bisa menutupi biaya investasi yang dikeluarkan. Rendahnya return on investment bisa menjadi masalah keuangan klinik yang fatal dan menyebabkan kerugian jika berlangsung secara terus-menerus. Jika hal ini terjadi pada klinik pratama Anda, maka bisa jadi terdapat kesalahan pengelolaan yang memicu hal tersebut. Beberapa faktor yang bisa menyebabkan low return on investment adalah kurang optimalnya revenue cycle, pelayanan yang buruk sehingga menyebabkan pasien berkurang ,serta kinerja administrasi yang tidak berjalan optimal.

Adanya Praktik Earning Management

Tidak bisa dipungkiri bahwa manipulasi data akuntansi atau earning management masih seringkali dilakukan dan bisa jadi klinik pratama Anda adalah salah satu yang menerapkan hal tersebut secara tidak langsung. Meskipun earning management dalam dunia akuntansi tidak selamanya merugikan, namun Anda patut waspada terhadap penerapan earning management agar tidak menimbulkan masalah keuangan klinik di kemudian hari.

Pembukuan yang Tidak Jelas

Masih berkaitan dengan manajemen anggaran, masalah lain yang seringkali dihadapi oleh klinik pratama adalah pembukuan yang tidak jelas. Padahal, pembukuan ini sangatlah penting dalam merinci stok keperluan klinik sedetail mungkin agar estimasi anggaran pembelanjaan tidak membengkak nantinya. Pembukuan yang jelas dapat memberikan Anda gambaran tentang setiap transaksi yang dilakukan dalam klinik Anda.

Mengatur pembukuan klinik pratama dapat menjadi tantangan tersendiri. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bagi Anda untuk menggunakan layanan Trustmedis dalam pengelolaan keuangan klinik Anda, mulai dari berbagai macam modul pengeluaran, inventory, aset, hingga layanan medis yang terintegrasi. Anda bisa menghubungi kami melalui kanal yang tersedia untuk mengetahui fitur lebih lanjut yang kami tawarkan. Coba demo gratis dengan klik tulisan berikut ini.

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram