Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
2 December 2021
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Setiap fasilitas kesehatan pasti membutuhkan laporan seperti contohnya laporan keuangan klinik atau rumah sakit, sebagai tolak ukur kinerja, bahan evaluasi, dan bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan bisnis serta rencana kinerja ke depan.

Jenis-jenis laporan yang dibutuhkan kebanyakan faasilitas kesehatan:
  1. Laporan kunjungan pasien;
  2. Laporan pendapatan dari pelayanan dan farmasi;
  3. Laporan pendapatan faskes; dan
  4. Laporan keuangan secara keseluruhan.

 

Pembuatan laporan keuangan klinik atau rumah sakit menjadi momok tersendiri bagi karyawan karena harus mencari, mengumpulkan, dan menyiapkan data. Terlebih jika faskes memiliki banyak karyawan, tentu tidak sedikit data yang harus dikumpulkan, padahal laporan keuangan klinik atau rumah sakit harus segera disiapkan. Pencatatan dan penyusunan laporan keuangan klinik atau rumah sakit secara manual merupakan langkah yang selama ini biasa dilakukan. Bagi beberapa klinik atau rumah sakit mungkin hal tersebut tidak menjadi masalah, tetapi bila bisa dilakukan efisiensi, bukankah lebih baik?

 

Sistem Informasi Manajemen atau SIM merupakan suatu sistem teknologi informasi dan komunikasi, yang memproses dan mengintegrasikan seluruh alur proses pelayanan pasien dalam bentuk jaringan. Didalamnya terdapat prosedur administrasi yang tepat untuk memperoleh informasi secara akurat dan cepat. Merujuk pada Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2013, setiap rumah sakit dan klinik wajib memiliki SIM dan hendaklah memenuhi persyaratan aplikasi penyelenggara SIM.

 

Oleh karena itu, sudah saatnya faskes memiliki aplikasi penyelenggara SIM yang sesuai standar dan peraturan yang berlaku di Indonesia. Selain itu, SIM juga sebuah solusi mengatasi permasalahan di atas, yaitu berkaitan dengan penarikan laporan. Dengan menggunakan SIM, informasi yang dibutuhkan untuk membuat laporan keuangan klinik atau rumah sakit dapat diperoleh secara akurat dan cepat. Karyawan tidak akan merasa stres ketika pimpinan klinik atau rumah sakit meminta laporan keuangan klinik atau rumah sakit segera disiapkan. Laporan rapi, pimpinan faskes puas, karyawan tidak stres, kinerja faskes baik.

 

Trustmedis berusaha mengakomodir kebutuhan faskes dalam menyelenggarakan aplikasi SIM. Penggunaan health information system (HIS) Trustmedis memberikan keuntungan bagi faskes, antara lain:

  1. Akses ke data pasien mudah;
  2. Hemat biaya;
  3. Data aman.

 

Baca juga: Hal-Hal yang Perlu Diketahui pada Aplikasi Keuangan Faskes

 

Jika Anda merasa memiliki permasalahan lain terkait operasional di faskes, segera hubungi tim Sales Representative Trustmedis untuk mengkonsultasikan kebutuhan operasional faskes Anda. 

Klik Tombol Di Bawah Ini!

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram