Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
8 May 2020
Baskoro Aris Sansoko

Tidak ada bisnis yang dijalankan tanpa laporan pendapatan. Tak terkecuali bisnis fasilitas kesehatan. Laporan pendapatan faskes merupakan aspek esensial yang harus diawasi. Sebabnya sederhana, laporan pendapatan atau keuangan secara umum merupakan landasan paling objektif untuk menentukan perkembangan bisnis faskes Anda.

Masalah hari ini adalah banyak faskes yang masih melakukan pencatatan laporan pendapatan secara manual. Hal ini tentu tidak salah, namun proses ini jelas membutuhkan ketrampilan pencatatan dan selain itu juga rawan terjadinya keluputan input atau malah ada input data ganda. Terluputnya input akan membuat laporan keuangan jadi kurang akurat, pun denga input ganda bisa membuat kebijakan bisnis ke depan salah langkah.

Selain itu, membuat laporan keuangan secara manual tentu harus menunggu selama periode tertentu terlebih dahulu. Biasanya lama menunggu laporan pendapatan faskes yang lengkap adalah tiap satu bulan. Padahal dengan iklim bisnis hari ini, kecepatan adalah kompetensi yang penting dimiliki faskes. Bahkan, salah satu kemampuan yang dibutuhkan adalah akses terhadap laporan pendapatan faskes tiap hari atau bahkan detiknya.

Lantas bagaimana hal tersebut dapat diatasi?

Aplikasi Klinik yang Bisa Cetak Laporan Pendapatan Faskes Praktis

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memunculkan banyak inovasi dalam pengelolaan faskes. Salah satu bentuk inovasi tersebut adalah dengan kemunculan berbagai aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kesehatan atau Health Information System yang bisa diakses lewat gadget yang Anda miliki. Aplikasi SIMRS, SIMKLINIK, atau SIM faskes lainnya memiliki beragam modul yang tentunya akan memudahkan operasionalisasi faskes Anda.

Salah satu modul atau fitur yang ditawarkan oleh aplikasi HIS adalah modul yang berfungsi untuk catat dan cetak laporan pendapatan faskes. Dalam aplikasi HIS Trustmedis, modul yang berfungsi untuk menjalankan fungsi tersebut adalah modul Akuntansi. Modul akuntansi berfungsi untuk membuat jurnal-jurnal keuangan seperti Jurnal Umum, Jurnal Pembelian, Jurnal Penjualan, Jurnal Kas Bank Keluar, dan Jurnal Kas Bank Masuk.

Selain itu, modul Akuntansi HIS Trustmedis juga dapat Anda gunakan untuk membuat Laporan HPP, Hutang, piutang, Laba/Rugi, Neraca, Aktiva Tetap, Arus Kas, Neraca Percobaan, hingga Buku Besar secara otomatis. Tentunya ini akan memudahkan Anda untuk membuat laporan keuangan untuk faskes Anda dan lebih meminimalisasi terhadap risiko kurang input atau input ganda.

Bisa Amati Gerak Pendapatan Real Time

Tidak berhenti pada modul Akuntansi, aplikasi HIS Trustmedis juga memiliki modul yang bisa berikan Anda akses untuk amati pendapatan faskes Anda secara real-time. Real-time berarti Anda bisa mengamati pergerakan pendapatan faskes Anda tiap ada transaksi yang masuk atau keluar. Alhasil, apabila faskes Anda memiliki frekuensi transaksi tiap menitnya, semua akan tercatat secara otomatis dalam sistem yang terintegrasi.

Modul yang dimiliki oleh Trustmedis ini dinamakan dengan modul Dashboard. Dengan modul ini, Anda dapat mengamati pergerakan pendapatan faskes Anda setiap ada transaksi masuk dan keluar. Apabila frekuensi transaksi di faskes Anda terjadi tiap menit atau bahkan tiap detik, semuanya akan tercatat secara otomatis dalam sistem yang terintegrasi dan ditampilkan secara mudah dipahami di dashboard. Dashboard sangat mudah diakses bahkan dalam gadget Anda. Tidak hanya berhenti di pendapatan secara umum, modul Dashboard juga menyimpan informasi pendapatan tiap unit faskes Anda. Oleh karenanya Anda akan dapat melihat unit mana yang lebih menguntungkan bagi faskes Anda.

Kabar gembiranya, Anda dapat mencoba langsung secara mudah dua modul dari Trustmedis di atas. Klik link ini untuk memasuki halaman demo! Dapatkan juga promo spesial Ramadhan Trustmedis #Percaya (Percepat Pelayanan) dengan potongan harga 20% untuk langganan paket Pro dan Enterprise. Peroleh juga komisi 20% khusus untuk yang sudah berlangganan apabila berhasil ajak rekan sejawat gunakan Trustmedis. Khusus bulan Mei, tunggu apalagi!

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram