Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
12 March 2020
chanafi@trustmedis.co.id

Aspek perencanaan membuka praktek dokter dimulai dari memilih lokasi. Lokasi strategis akan menjadikan praktek dokter Anda lebih mungkin dikunjungi banyak pasien. Berhasil memilikinya adalah pondasi sangat kuat raih kesuksesan dalam membuka praktek.

Lokasi yang tepat memungkinkan pasien lebih mudah mengunjungi praktek dokter. Tidak hanya dari akses, tapi juga dari rute perjalanan. Rute perjalanan yang mudah diingat membuat pasien tidak perlu khawatir tersesat.

Selain bermanfaat untuk pasien, lokasi strategis juga berguna untuk manajemen. Pegawai lebih mudah untuk datang ke lokasi. Begitu pula dengan jasa antar stok barang, mereka tidak akan kesusahan laksanakan tugasnya.

Apa yang harus diperhatikan saat hendak memilih lokasi praktik dokter? Sebelum mengulas tentang cara kenali lokasi strategis untuk praktek dokter, perhatikan terlebih dahulu hal di bawah ini.

Lokasi Strategis Harus Mengikuti Model Bisnis

Sebelum Anda memilih lokasi, tentu Anda sudah memiliki model bisnis. Pun jika model bisnis tersebut tidak rinci, setidaknya ada bayangan mengenai keseharian praktek dokter yang nanti Anda jalankan. Hal ini perlu Anda jadikan acuan pertama dalam menentukan lokasi praktik.

Ilustrasinya sebagai berikut. Anda sengaja ingin membuka praktek dokter di wilayah yang terkenal dengan Tempat Pembuangan Akhir. Anda memiliki asumsi bahwa pasien yang datang akan banyak hadir dengan keluhan-keluhan akibat sampah.

Dari situ Anda akan terbayang siapa pasien yang akan lebih banyak datang, yaitu warga dari kalangan menengah ke bawah. Anda bisa memperkirakan rentang biaya berapa yang pasien Anda mampu keluarkan. Lalu, bayangkan juga cara pasien Anda melakukan mobilitas.

Apabila Anda sudah memiliki target pasar yang fokus dan model bisnis yang menyesuaikan target pasar, lokasi strategis akan mudah hadir di pikiran Anda. Agar semakin mempertajam pemilihan lokasi yang tepat untuk praktek dokter Anda, cermati tanda-tanda di bawah ini.

Tanda Lokasi Strategis Ada di Depan Mata

Lokasi strategis memiliki beberapa karakteristik yang banyak diketahui namun sering terabaikan. Cermati beberapa kriteria di bawah ini dan perhatikan apakah lokasi yang Anda target memenuhinya.

  • Mudah diakses oleh kendaraan yang banyak dipakai target pasar
  • Dekat dengan lokasi parkir kendaraan atau bahkan tersedia di lokasi
  • Memiliki tanjakan yang dapat diakses pasien berkursi roda
  • Memenuhi fasilitas-fasilitas yang dibutuhkan dalam praktek dokter Anda
  • Sesuai dengan aturan atau regulasi yang telah ditentukan oleh pemerintah

Anda bisa menyesuaikan hal-hal di atas dengan target pasar Anda sebagaimana yang dijelaskan sebelumnya. Kemudian, terakhir, pastinya Anda juga perlu menyesuaikan dengan budget yang Anda rencanakan.

Tak perlu khawatir jika Anda memulainya dari bangunan berukuran kecil. Anda masih, sedang, dan akan punya waktu untuk terus berkembang.

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram