Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
25 September 2020
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Bagi rumah sakit, tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah stock opname. Namun sebelum memahami memahami manfaat manajemen stock opname yang baik bagi rumah sakit, ada baiknya untuk mengenal lebih dalam terlebih dahulu apa itu stock opname, dan bagaimana pengelolaan manajemen stock opname rumah sakit yang baik. Berikut adalah penjelasan stock opname bagi manajemen rumah sakit.

 

Tujuan Stock Opname Bagi Manajemen Rumah Sakit

Stock opname adalah salah satu bentuk kegiatan perhitungan persediaan stok barang di gudang sebelum dikeluarkan. Kegiatan ini memang cukup menyita waktu karena Anda akan memeriksa dan melakukan perhitungan barang yang ada di dalam gudang secara langsung. Selain itu, dalam melakukan perhitungan juga tidak boleh ada kesalahan atau terlewat, karena nantinya akan berpengaruh pada stok barang yang dikeluarkan.

Saat ini dengan perkembangan teknologi sudah ada barcode. Dengan menggunakan barcode, proses stock opname bisa dilakukan lebih cepat dan efisien. Selain itu dengan menggunakan barcode, kesalahan dalam pencatatan dan perhitungan barang bisa lebih diminimalisir. Setiap perusahaan memiliki waktu pelaksanaan stock opname yang berbeda-beda. Secara umum periode melakukan stock opname yaitu akhir tahun. Namun, itu semua tergantung dari kebijakan dan kebutuhan perusahaan.

Beberapa tujuan dilakukannya stock opname yaitu sebagai berikut:

  • Mencegah kerugian rumah sakit karena kelalaian perhitungan
  • Mengetahui jumlah yang sebenarnya ada
  • Mengatur mutasi barang dari dan keluar rumah sakit
  • Pengendalian internal

Stock opname dilakukan oleh auditor bukan petugas pencatat persediaan. Sehingga hasil penghitungannya akurat karena dilakukan oleh pihak independen. Stock Opname perlu dilakukan oleh rumah sakit secara teratur. Hal ini dikarenakan banyak manfaat yang akan didapatkan, diantaranya:

Manfaat Stock Opname di Rumah Sakit

  • Mengetahui keakuratan perhitungan dengan cara mencocokan catatan pembukuan dengan stock barang yang ada
  • Membantu mencari harga pokok penjualan (HPP)
  • Sebagai pembanding dengan data tahun sebelumnya atau dengan data perusahaan sejenis
  • Membantu mengetahui keberadaan persediaan yang sebenarnya dimiliki
  • Membantu mengidentifikasi kecurangan atau kelalaian yang terjadi
  • Membantu dalam hal pengambilan kebijakan

Untuk membantu melakukan stock opname di rumah sakit, Anda dapat menggunakan bantuan SIMRS Trustmedis. Trustmedis merupakan Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) online berbasis Cloud yang dapat membantu Anda melakukan pencatatan persediaan dengan mudah, cepat, dan aman.

Dengan menggunakan fitur-fitur yang ada pada SIMRS Trustmedis, pengelolaan persediaan seperti menghitung jumlah persediaan, mutasi barang masuk dan keluar dapat dilihat kapan pun dan di mana pun secara real time.

Trustmedis memiliki beberapa fitur untuk mendukung Stock Opname pada rumah sakit Anda, diantaranya:

Fitur Pendukung Stock Opname Pada Rumah Sakit

1. Fitur Inventory

Fitur inventory dari SIMRS Trustmedis memiliki kelebihan diantaranya yakni pendataan stok barang, opname, dan inventarisasi barang non farmasi. Selain itu terdapat fitur penerimaan barang, mutasi dan order mutasi ke semua depo sekaligus mencetak kartu stok, laporan persediaan barang, penerimaan barang dan hasil opname.

Dengan fitur yang ada pada Modul Inventory ini Anda bisa mendata stok barang yang tersisa, serta akan membantu pihak rumah sakit dalam melakukan pembelian barang. Opname yang ada pada Modul Inventory berguna untuk melakukan pendataan dan melakukan kontrol terhadap banyaknya barang yang ada di setiap unit.

Fitur kartu stok inventory yang ada pada Modul Inventory berfungsi untuk melihat pergerakan barang dan bisa digunakan untuk acuan dalam melakukan opname barang. Anda juga dapat mencetak laporan pemakaian barang yang ada dan terdaftar dalam SIMRS Trustmedis.

 

 

Baca Juga : Indikator Mutu Rumah Sakit

 

 

2. Fitur Aset

Fitur aset dari Trustmedis memiliki kelebihan diantaranya yakni inventarisasi dan pelabelan aset, mengetahui usia aset serta mencetak laporan semua aset yang terdaftar. Aset yang telah diterima pada saat penerimaan barang dapat dengan mudah untuk diberi label nomor aset sehingga dapat terlacak dengan mudah. Nomor aset yang telah terdaftar dapat anda cetak sekaligus ditempelkan ke aset yang terdaftar sehingga anda tidak perlu repot untuk membuat label aset sendiri. Aset yang telah terdaftar dalam SIMRS Trustmedis dapat dibentuk sebuah laporan baik berupa softkopi (file pdf, file spreadsheet. dll) maupun hardcopy.

3. Fitur Farmasi

Trustmedis juga memiliki fitur farmasi untuk mendukung stock opname kebutuhan farmasi. Fitur farmasi dari Trustmedis memiliki kelebihan diantaranya yakni usulan pengadaan, rencana pengadaan, surat pesanan, terima barang, dan retur pembelian farmasi beserta layanan apotek yang menjual obat dan alkes secara mudah dan lengkap. Fitur lainnya ialah penanganan stok obat dan alkes, opname, sekaligus mutasi farmasi serta pembuangan dan pengalihannya. Fitur terakhir ialah mencetak laporan hpp, pareto, persediaan, pemakaian BHP hingga laporan stok keluar penjualan.

Untuk mengetahui lebih lanjut fitur-fitur Trustmedis yang disebutkan diatas, Anda bisa langsung KLIK DIBAWAH

 

Baca Juga : Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Stock Opname[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram