Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
9 September 2021
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Manfaatkan Investasi Front Door Digital di Klinik Anda

Front Door digital disebuah klinik memungkinkan pengalaman perawatan kesehatan yang benar-benar dipersonalisasi untuk individu dan membantu menyederhanakan akses konsumen ke fasilitas kesehatan yang sering kali membebani, terputus-putus, dan rumit. Ini adalah solusi teknologi komprehensif yang memberdayakan pasien dan memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan klinik pada waktu dan tempat yang nyaman bagi mereka. Front Door digital di sebuah Klinik mengambil banyak langkah lebih jauh, memberdayakan individu dengan akses ke serangkaian informasi tentang klinik hingga pendaftaran janji temu yang lebih efektif dan efisien. Tetapi bagaimana klinik dapat mendekati penerapan Front Door digital untuk memaksimalkan investasi?

Strategi untuk mendukung dan mempermudah akses pasien

Saat mempertimbangkan untuk menerapkan front door digital, klinik harus mengambil pendekatan strategis dengan visi untuk ekosistem lengkap yang mendukung pasien di semua lini perawatan kesehatan mereka. Ini berarti mencakup mulai dari janji temu atau kunjungan, monitoring antrian, konsultasi dokter, resume medis, booking lab, hingga tebus resep. Karena solusi front door digital mencakup berbagai macam fungsi, solusi ini paling baik dianggap sebagai proyek strategis dengan beberapa inisiatif individu. 

Setiap inisiatif harus memberikan nilai bagi klinik, diselaraskan dengan prioritas strategis, dan yang paling penting, memberikan akses yang lebih baik dan mudah ke klinik untuk memberdayakan pasien. Pendekatan ini akan memastikan konsumen dapat dengan mudah mengakses semua yang mereka butuhkan untuk mengelola perjalanan perawatan kesehatan mereka sendiri dari lokasi terpusat dan akan menawarkan efisiensi sistem kesehatan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Mengintegrasikan teknologi yang ada

Banyak pasien telah mengadopsi penggunaan portal pasien, teknologi telehealth, dan solusi kesehatan digital lainnya untuk membantu mengelola perawatan kesehatan mereka. Pandemi COVID-19 telah mempercepat kebutuhan faskes untuk mengadopsi layanan perawatan kesehatan secara virtual untuk mencegah orang keluar dari rumah. Strategi front door digital harus memungkinkan integrasi dengan teknologi keterlibatan pasien yang ada ini, dan harus mengambil pendekatan terbaik dengan mengintegrasikannya. Mengintegrasikan seperangkat alat ke dalam solusi front door digital memungkinkan klinik dan juga pasien untuk menggunakan satu aplikasi saja dan telah mencakup aspek penting, seperti rekam medis elektronik, perawatan virtual atau telemedis, hingga pemesanan janji temu yang ada. 

Waktu yang tepat untuk berinvestasi adalah sekarang

Adopsi cepat alat perawatan virtual dan online baru-baru ini memberikan peluang bagi penyedia layanan dan kesehatan untuk secara mendasar mengubah cara orang di seluruh wilayah, dan bahkan seluruh negara mengalami dan berinteraksi dengan perawatan kesehatan. Sesuatu yang telah lama datang untuk industri yang secara historis tertinggal dalam hal keterlibatan dan pengalaman pasien, terutama di ruang digital. Sekarang adalah waktu terbaik untuk merencanakan strategi front door digital. Memanfaatkan teknologi yang ada, mengintegrasikannya, dan memimpin dengan strategi yang kohesif akan menempatkan organisasi perawatan kesehatan selaras dengan melibatkan dan memberdayakan konsumen sekarang dan di masa depan, dan akhirnya memberikan perawatan kesehatan yang kita semua inginkan.

Trustmedis, sebagai aplikasi kesehatan online #1 di Indonesia, menyediakan aplikasi front door digital yang diberi nama Doctugo. Tidak hanya memudahkan pekerjaan front door bagi klinik, Doctugo juga turut memeberikan solusi perawatan bagi pasien dengan lebih efektif dan efisien. Doctugo, sebuah aplikasi Android yang dikembangkan Trustmedis untuk membantu Faskes melayani pasien dengan lebih optimal. Beberapa fitur andalan Doctugo yang dapat membantu klinik lebih berkembang adalah: 

  • Booking atau Pendaftaran Online

Dengan Doctugo, pasien dapat melakukan pendaftaran online kapanpun dan dimanapun tanpa perlu datang ke faskes. Pasien juga akan mendaftarkan informasi terperinci mengenai jadwal dokter dan juga memastikan untuk mendapatkan kuota kunjungan.

  • Antrian Online 

Aplikasi Doctugo membantu pasien untuk mengetahui estimasi lama antrian secara online. Sehingga pasien tidak perlu antri terlalu lama dan bisa datang saat akan dilayani. Waktu tunggu pasien yang terlalu lama akan berdampak negatif pada pasien itu sendiri. Selain itu, waktu tunggu pasien yang terlalu lama juga dapat membuat pasien merasa tertekan, meningkatkan perasaan sakit dan merupakan penyebab utama ketidak puasan dalam pelayanan kesehatan.

  • Resume Medis

Pasien dapat mengetahui resume medis atau riwayat pengobatan dan menunjukkan kepada dokter yang hendak melakukan pemeriksaan bila dibutuhkan, langsung dari HP. Doctugo menawarkan penyimpanan dokumen medis yang aman dengan teknologi cloud computing. Hal ini memungkinkan data rekam medis yang mudah diakses dari mana saja dan kapan saja. 

  • Telemedis

Telemedis membantu faskes untuk tetap melayani konsultasi kesehatan kepada masyarakat di masa pandemi dengan aman. Telemedis membantu dokter terhubung dengan pasien dengan layanan konsultasi secara virtual. Selama kunjungan virtual, dokter dapat memantau kondisi, mengenali tanda gejala dan melakukan peresepan.

  • Pembayaran Praktis

Pasien bisa memilih berbagai metode pembayaran. Doctugo telah menyediakan pembayaran yang lebih praktis dengan menggunakan transfer antar bank, kartu kredit, maupun e-wallet/QRIS seperti OVO, GoPay, Shopee Pay, Link Aja, atau Dana.

Aplikasi android seperti Doctugo, telah memainkan peran penting dalam digitalisasi sektor pelayanan dan perawatan kesehatan. Motif utama aplikasi seluler perawatan kesehatan adalah untuk menyediakan komunikasi klinis yang lancar dan jelas antara pasien dan penyedia layanan kesehatan. Fasilitas Kesehatan pun tak perlu susah mengembangkan sendiri aplikasi untuk pasien. Itu pasti sangat membutuhkan alokasi dana yang besar dan SDM yang berpengalaman. Doctugo diberikan kepada semua fasilitas kesehatan yang sudah menggunakan HIS Trustmedis secara GRATIS

Baca juga : Bagaimana Mengembangkan Sistem Manajemen Farmasi yang Lebih Efektif dan Efisien

Trustmedis terus mengembangkan Sistem Informasi Manajemen dan aplikasi pendukung lainnya berdasarkan penelitian dan saran dari faskes yang bekerjasama dengan kami. Trustmedis hadir memberikan solusi software faskes terbaik dan terlengkap. Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik. Jaga fasilitas kesehatan Anda dalam kondisi terbaik dan tumbuhkan bisnis Anda bersama kami.[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram