Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
26 January 2021
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Mudah Klaim BPJS dengan Menggunakan VClaim BPJS Trustmedis

 

Sistem kesehatan mulai berubah perlahan seiring dengan berjalannya waktu dan menyesuaikan perkembangan jaman. Perkembangan teknologi informasi nyatanya lebih memudahkan berbagai hal termasuk dapat dimanfaatkan untuk menunjang teknologi dalam dunia kesehatan seperti Vclaim BPJS. Beberapa Sistem Informasi Manajemen (SIM) bertujuan untuk memudahkan pasien BPJS dalam melakukan proses verifikasi dan registrasi, sehingga kedua proses tersebut dapat dilakukan dengan mudah. Pertanyaannya, adakah SIM Klinik yang memberikan kemudahan dalam validasi data proses Vclaim BPJS? Dan adakah SIM Klinik yang terintegrasi dengan Vclaim BPJS? 

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial atau BPJS Kesehatan bekerjasama dengan fasilitas kesehatan baik dokter, klinik dan rumah sakit dalam mengelola kesehatan pasien disetiap fasilitas kesehatan. Dalam pengajuan klaim ke BPJS Kesehatan, faskes menyertakan resume medis sebagai salah satu syarat berkas pengajuan. Resume medis diberikan diakhir perawatan pasien baik hidup sembuh atau meninggal. Jika resume medis tidak lengkap, maka BPJS Kesehatan akan mengembalikan resume medis tersebut.

Pengembalian resume medis berakibat pada tidak terbayarnya pelayanan kesehatan yang dilakukan faskes tidak terkecuali klinik dan akan mengakibatkan menurunnya pemasukan klinik. Untuk itu, beberapa layanan yang ada di BPJS Kesehatan akan menuntut kesiapan pihak klinik dalam penyelenggaraan SIM Klinik. Pasien BPJS Kesehatan yang datang berkunjung ke klinik haruslah membawa Surat Rujukan dari faskes tingkat pertama, kemudian dari surat rujukan tersebut petugas akan mendaftarkan untuk mendapatkan Surat Eligibilitas Peserta atau yang sering disebut dengan SEP.

SEP dapat dibuat oleh rumah sakit melalui:

  • Sistem integrasi Vclaim BPJS yang selalu update dan mengharuskan pemrograman(coding) menyesuaikan pihak BPJS.
  • Rumah sakit yang menggunakan SIM RS beli putus akan mengalami kesulitan dalam pengembangan jika tidak mempunyai tenaga profesional di bidang IT.

Beberapa masalah yang sering di hadapi klinik adalah memiliki SIM Klinik yang belum terintegrasi dengan VClaim, karena:

  • Sistem integrasi Vclaim BPJS yang selalu update dan mengharuskan SIM Klinik menyesuaikan aturan yang ada.
  • Klinik yang memakai SIM Klinik dengan sistem beli putus akan mengalami kesulitan dalam pengembangan jika tidak mempunyai tenaga profesional di bidang pengembangan aplikasi.

SIM Klinik Trustmedis adalah solusi untuk mempermudah dalam proses VClaim BPJS

Trustmedis, sebagai salah satu Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) terbesar di Indonesia, memberikan kemudahan dalam validasi data proses Virtual klaim (Vclaim) BPJS. Dengan Modul BPJS Vclaim, proses klaim BPJS lebih mudah dan cepat. Hanya dengan satu kali klik, maka semua data klaim BPJS tervalidasi. Modul BPJS Vclaim dari Trustmedis memiliki kelebihan, diantaranya:

  • Mencetak SEP. Pihak Faskes bisa dengan mudah melakukan pencetakkan SEP BPJS.
  • Laporan Penerbit Rujukan SEP. Fitur ini memudahkan anda untuk mencetak laporan penerbit SEP BPJS Vclaim secara otomatis dari sistem.
  • Laporan Penerbitan SEP. Fitur ini memudahkan anda untuk mencetak laporan penerbitan SEP di faskes yang anda miliki.
  • Laporan Klaim INACGBS. Fitur ini memudahkan anda untuk mencetak laporan klaim INACGBS.

Trustmedis adalah aplikasi kesehatan online yang dapat memberikan kemudahan dalam mengelola manajemen rumah sakit, klinik, maupun prakter dokter pribadi. Trustmedis, aplikasi berbasis web dan menggunakan software development model Hierarichal Model View Controller (HMVC). Dari sisi user interface, ada sistem validasi sehingga dapat meminimalisir human error saat memasukkan data. Dari segi pengaturan standar sistem, tersedia data master dan bisa dilakukan secara mandiri oleh rumah sakit sehingga tidak ketergantungan dengan vendor.

baca juga :Tak Takut Bencana, RM Tetap Aman dengan Cloud Server

Dapatkan aplikasi Trustmedis GRATIS untuk meningkatkan manajemen faskes anda dengan mengakses http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Dengan menggunakan trustmedis, faskes akan mendapatkan kemudahan. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram