Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
6 July 2021
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Mudah Klaim BPJS VClaim dengan SIM Trustmedis

Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional (SJSN) dan Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) ditetapkan bahwa operasional BPJS Kesehatan dimulai sejak tanggal 1 Januari 2014. BPJS Kesehatan sebagai Badan Pelaksana merupakan badan hukum publik yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia. Untuk merealisasikan hal tersebut BPJS Kesehatan mengembangkan layanannya yang dinamakan BPJS VClaim.

Kemajuan teknologi yang begitu cepat menuntut semua pihak untuk terus berkompetisi mencapai kesempurnaan dalam berbagai hal. Setiap waktu semua berlomba-lomba berinovasi untuk menciptakan produk unggulan yang diakui oleh masyarakat secara luas. Inovasi dalam hal pelayanan publik juga terus berkembang mengikuti trend serta tuntutan dari masyarakat yang ingin mendapatkan pelayanan instan, mudah diakses dan tidak lupa memperhitungkan efisien waktu. Trustmedis sebagai aplikasi fasilitas kesehatan, turut mengembangkan aplikasi layanan kesehatan berupa Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang akan membantu fasilitas kesehatan (faskes) dari tingkat praktek dokter pribadi, klinik, puskesmas, hingga rumah sakit menjadi lebih unggul dalam hal pelayanan kesehatan.

Salah satu fitur yang terus dikembangkan adalah BPJS virtual claim (VClaim) yang akan memudahkan mitra Trustmedis dalam melakukan pembuatan Surat Eligibilitas Peserta (SEP) dan Penagihan Klaim kepada pihak BPJS. Dalam pengajuan VClaim ke BPJS Kesehatan, faskes menyertakan resume medis sebagai salah satu syarat berkas pengajuan. Resume medis diberikan di akhir perawatan pasien baik hidup sembuh atau meninggal. Jika resume medis tidak lengkap, maka BPJS Kesehatan akan mengembalikan resume medis tersebut. Pengembalian resume medis berakibat pada tidak terbayarnya pelayanan kesehatan yang dilakukan faskes dan akan mengakibatkan menurunnya pemasukan klinik.

Beberapa masalah yang sering dihadapi klinik adalah memiliki SIM Klinik yang belum terintegrasi dengan VClaim. Sistem integrasi Vclaim BPJS harus selalu update dan mengharuskan SIM faskes menyesuaikan aturan yang ada. faskes yang menggunakan SIM dengan sistem beli putus akan mengalami kesulitan dalam pengembangan jika tidak mempunyai tenaga profesional di bidang pengembangan aplikasi. Trustmedis, sebagai salah satu Sistem Informasi Manajemen terbesar di Indonesia, memberikan kemudahan dalam validasi data proses Vclaim BPJS.

Trustmedis selalu memberikan update aplikasi Gratis setiap ada pembaruan dari pihak BPJS, seperti sekarang ini pembaruan BPJS VClaim versi 1.1. Pengembangan terus dilakukan untuk dapat terus terintegrasi dengan berbagai layanan seperti JKN, PCare, maupun Sisrute.
Dengan Modul BPJS Vclaim, proses klaim BPJS lebih mudah dan cepat. Hanya dengan satu kali klik, maka semua data klaim BPJS tervalidasi. Modul BPJS Vclaim dari Trustmedis memiliki kelebihan, diantaranya:

  • Mencetak SEP
    Pihak Faskes bisa dengan mudah melakukan pencetakkan SEP BPJS.
  • Laporan Penerbit Rujukan SEP
    Fitur ini memudahkan anda untuk mencetak laporan penerbit SEP BPJS Vclaim secara otomatis dari sistem.
  • Laporan Penerbitan SEP
    Fitur ini memudahkan anda untuk mencetak laporan penerbitan SEP di faskes yang anda miliki.

Baca juga : Cara Mudah Kelola Data dan Resume Medis Rumah Sakit

Trustmedis terus mengembangkan Sistem Informasi Manajemen dan aplikasi pendukung lainnya berdasarkan penelitian dan saran dari faskes yang bekerjasama dengan kami. Jika update tersedia, Anda tidak perlu membayar lagi untuk menikmati update terbaru dari kami. Trustmedis software berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan. Trustmedis hadir memberikan solusi software faskes terbaik dan terlengkap. Ingin tau lebih detail SIM Trustmedis, yuk Coba GRATIS daftarkan faskes anda di  http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik. Jaga fasilitas kesehatan Anda dalam kondisi terbaik dan tumbuhkan bisnis Anda bersama kami.

Coba Gratis Aplikasi[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram