Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
16 May 2020
Baskoro Aris Sansoko

Adanya klinik di suatu daerah adalah keniscayaan. Tak hanya satu, bisa juga ada beberapa dengan lokasi yang relatif tak terlalu jauh. Dalam kondisi seperti ini, semangat berlomba dalam kebaikan tetap harus dipupuk. Bukan untuk memperebutkan, tapi untuk berikan perlayanan terbaik bagi masyarakat agar pasien nyaman.

Kelebihan yang hadir ketika pasien nyaman dengan pelayanan di faskes Anda adalah pasien tak akan ragu untuk datang kembali. Selain itu, faskes akan semakin yakin dan percaya untuk rekomendasikan faskes Anda kepada orang-orang di sekitarnya.

Bayangkan jika Anda memiliki rata-rata 100 pasien baru dalam sebulan. Apabila 50 pasien berkunjung kembali di bulan depan, 20 pasien lama merekomendasikan pada 1 orang lain (berarti ada 20 orang baru), dan ada 100 pasien baru dalam sebulan, maka bulan berikutnya Anda akan mendapatkan 170 pasien. Rincian berikutnya ada di tabel berikut.

Keterangan Bulan 1 Bulan 2 Bulan 3 Bulan 4 Bulan 5
Pasien Batch 1 100 50 25 12 6
Rekomendasi Pasien Batch 1 0 20 4 1 0
Pasien Batch 2 0 100 50 25 12
Rekomendasi Pasien Batch 2 0 0 20 4 1
Pasien Batch 3 0 0 100 50 25
Rekomendasi Pasien Batch 3 0 0 0 20 4
Pasien Batch 4 0 0 0 100 50
Rekomendasi Pasien Batch 4 0 0 0 0 20
Pasien Batch 5 0 0 0 0 100

 

Lewat tabel di atas dapat dilihat, apabila pola ini terus berjalan, pada bulan ke-5 faskes Anda akan menerima 218 pasien. Lantas bagaimana cara untuk membuat pasien betah dan faskes Anda memperoleh kenaikan pasien?

Sebelum Mencari Cara Buat Pasien Nyaman, Ini Perlu Anda Perhatikan!

Sebelum masuk ke cara mewujudkannya, Anda perlu terlebih dahulu tentukan parameter masyarakat merasakan pelayanan kesehatan lebih baik. Betah adalah salah satu parameter yang bisa Anda gunakan. Pasien betah berarti pasien nyaman datang berulang kali kemudian mantap merekomendasikan faskes Anda.

Untuk mengetahui cara terbaik buat pasien betah, tentu harus dimulai dari mempelajari terlebih dahulu apa yang buat pasien nyaman di faskes. Hal yang dapat Anda coba eksplorasi adalah sudut pandang pasien tentang faskes yang nyaman. Anda bisa saat perawatan kedua atau ketiga bertanya apa yang membuat pasien tetap kembali ke faskes Anda.

Tentu pasien bisa saja berikan banyak jawaban. Baik dari harga yang lebih murah, dokter yang lebih ramah, atau ruangan tunggu yang lebih dingin. Apapun jawaban pasien, coba gali langsung seperti wawancara namun dalam obrolan santai.

Gali aspek-aspek kenyamanan yang pasien inginkan untuk ada di faskes Anda. Bagaimanapun pasien adalah sumber informasi terbaik untuk Anda susun strategi jitu tingkatkan kualitas pelayanan faskes Anda. Tentunya, jangan lupa catat setiap poin-poin yang pasien sampaikan dan gunakan informasi itu untuk memutuskan perbaikan-perbaikan apa yang bisa Anda hadirkan di faskes Anda.

Terapkan Hasil Penggalian untuk Wujudkan Fasien yang Membuat Pasien Betah

Berdasarkan jawaban pasien yang beragam, Anda dapat menyocokkan data yang Anda peroleh dengan profil pasien. Misalnya, Anda sedang berusaha memperbanyak pasien dari kalangan tokoh kecamatan dan kebetulan ada salah satu tokoh kecamatan yang berlangganan di faskes Anda.

Anda bisa lebih memprioritaskan hasil penggalian dari sampel profil pasien yang Anda target. Ternyata, contohnya, pasien nyaman tersebut senang karena di faskes Anda ada air putih dingin gratis yang kebetulan Anda tawarkan. Nah hal tersebut bisa Anda terapkan dengan menjadikannya SOP setiap ada pasien datang.

Contoh lain, ternyata yang membuat pasien tersebut betah adalah karena Anda kebetulan menghubungi pasien lebih lanjut dan menanyakan kabarnya. Padahal saat Anda melakukannya di awal, niatan Anda adalah membangun hubungan. Hal ini bisa Anda pertahankan sebagai SOP untuk semakin buat pasien nyaman.

Tentunya, Anda harus terus mencatat karena prosesnya akan melibatkan trial and error. Pastikan jika selama beberapa waktu cara tersebut tidak membawakan hasil, Anda langsung coba eksplorasi cara yang lain agar pasien nyaman. Selamat mencoba!

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram