Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
17 March 2020
Baskoro Aris Sansoko

Dari hari ke hari, korban dari virus corona terus bertambah. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pun telah meningkatkan status wabah ini menjadi pandemi. Meski begitu, Anda tidak perlu terlalu panik secara berlebihan bila bisa menjaga diri. Salah satunya dengan melakukan langkah dan cara sederhana di bawah ini sebagai upaya pencegahan virus corona. Simak ulasannya berikut!

Rajin Mencuci Tangan Setelah Beraktivitas

Sebagai langkah awal pencegahan virus corona, Anda harus selalu rajin untuk mencuci tangan. Gunakanlah sabun atau cairan lainnya yang mampu membunuh bakteri dan kuman penyebar virus pada air yang mengalir dan bersih. Lakukanlah kurang lebih selama 20 detik dan pastikan bagian tangan sudah tercuci dengan baik termasuk sela jari dan kuku.

Keringkanlah menggunakan tisu maupun handuk bersih, atau bisa dengan mesin pengering tangan. Selain itu, Anda pun perlu menyediakan hand sanitizer yang praktis dan mudah dibawa ke mana saja. Untuk produknya, pilih yang memiliki kandungan alkohol minimal 60% yang efektif dalam membunuh kuman.

Gunakan Masker Saat Merasa Sakit

Setelah mencuci tangan, langkah selanjutnya dalam pencegahan virus corona adalah dengan selalu mengenakan masker saat merasa sakit. Untuk masker yang banyak digunakan saat ini adalah masker bedah, namun cara penggunaannya juga wajib diperhatikan.

Misalnya saat Anda menggunakan masker bedah tersebut, pastikan sudah menutupi dagu, mulut, dan hidung. Selain itu, masker yang dianjurkan adalah masker N95 yang mampu dalam menyaring partikel berbahaya. Kelemahannya adalah masker ini kurang nyaman digunakan dan harganya cukup mahal.

Sebenarnya, apapun maskernya sudah cukup membantu dalam mengurangi penyebaran virus corona. Hal yang perlu diperhatikan lagi ialah saat melepas masker, lanjutkanlah dengan mencuci tangan dan jangan sentuh bagian depan masker tersebut.

Hindari Bepergian ke Daerah Terjangkit

Bila Anda memiliki rencana liburan atau berkunjung ke negara dan daerah tertentu, sebaiknya pikirkan ulang atau bila perlu tundalah beberapa saat. Terutama jika negara dan daerah tersebut dikenal sebagai daerah terjangkitnya virus corona. Tujuannya adalah untuk mencegah penularan yang semakin massif.

Jika dirasa perlu dan benar-benar mendesak, pastikan Anda menjalani tes kesehatan terlebih dahulu dan konsultasikan dengan dokter. Nantinya, dokter akan memberikan keputusan apakah Anda aman atau tidak diizinkan mengunjungi daerah terjangkit ini. Begitu juga dengan konsultasi dengan pihak lain seperti pihak imigrasi misalnya.

Hindari Kontak Langsung dengan Hewan Penyebar Virus Corona

Seperti yang telah diketahui, virus corona dapat disebarkan oleh hewan. Salah satunya adalah yang diduga kuat berasal dari kelelawar dan kemudian hewan mamalia dan reptil. Maka, menghindari kontak langsung dengan hewan tersebut sangat penting dalam upaya pencegahan virus corona. Terlebih lagi untuk hewan-hewan liar.

Bila ingin memakan daging maupun ikan, sebaiknya cuci sampai bersih dan masaklah hingga matang. Ketika daging atau ikan sudah mulai membusuk, jangan dikonsumsi. Saat Anda menyentuh hewan pastikan pula telah mencuci tangan sampai bersih bila ingin melakukan aktivitas lain seperti makan dan minum.

Jaga Asupan Nutrisi Dukung Pencegahan Virus Corona

Sebagai langkah terakhir dalam pencegahan virus corona yakni dengan menjaga asupan dan daya tahan tubuh. Virus corona dapat menyerang dengan mudah ketika seseorang memiliki daya tahan tubuh atau sistem imun yang lemah. Oleh karena itulah, Anda disarankan untuk mengonsumsi nutrisi sehat yang diperlukan tubuh. Misalnya saja seperti konsumsi buah dan sayur dan makanan yang memiliki protein tinggi seperti ikan, telur, dan daging yang tidak memiliki lemak.

Kemudian, Anda juga bisa menambahkan suplemen pelengkap dan vitamin. Meski begitu, penggunaannya harus sesuai dengan anjuran dokter. Lalu, penting pula untuk menjaga gaya hidup sehat dengan istirahat yang cukup, olahraga, dan menghindari rokok serta alkohol.

Selain cara di atas, Anda pun perlu menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal. Misalnya saja dengan membuang sampah pada tempatnya, membersihkan kotoran yang menempel pada benda sekitar, dan sebagainya. Cukup mudah bukan cara pencegahan virus corona tersebut? Mari deteksi dini virus corona dengan kunjungi link berikut ini, klik!

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram