Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
19 June 2020
Baskoro Aris Sansoko

Pendapatan rumah sakit mengalami penurunan signifikan akibat dampak pandemi Covid-19. Pihak rumah sakit mengeluhkan penurunan secara drastis kunjungan pasien dan masyarakat selama pandemi Covid-19 ini. Hal tersebut terjadi karena seiring pandemi, masyarakat enggan berobat ke rumah sakit karena memiliki tingkat risiko penularan virus yang tinggi.

Menurut Ketua Umum Asosiasi Rumah Sakit Swasta Indonesia (ARSSI), Susi Setiawaty dalam dialog bersama CNBC Indonesia, Senin (18/05/2020) telah terjadi penurunan rawat jalan sebanyak 50 - 60 persen, kemudian rawat inap sebanyak 40-60 persen yang berdampak pada pendapatan dan cashflow di sejumlah rumah sakit swasta, terutama rumah sakit yang berada di daerah red zone (zona merah). Selain itu, peningkatan biaya operasional rumah sakit seperti penyediaan Alat Pelindung Diri (APD), dan lain-lain membuat pihak rumah sakit harus melakukan inisiatif untuk menambah pendapatan agar tetap bertahan di kondisi sulit ini.

Seperti yang diketahui, Kementerian Kesehatan RI telah melakukan upaya pencegahan terhadap penyebaran Covid-19, salah satunya dengan pembatasan pelayanan kesehatan secara tatap muka dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi berupa telemedicine. Kemenkes RI telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor Hk.02.01/Menkes/303/2020 tentang “Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Melalui Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Rangka Pencegahan Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19)”. Surat Edaran tersebut bertujuan sebagai acuan dalam memberikan pelayanan kesehatan dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi, sehingga diharapkan dapat menekan laju penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Telemedis merupakan produk baru dari Trustmedis, sebuah layanan konsultasi dokter dan resep secara online. Telemedis mendukung upaya Kemenkes RI melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19, dan dapat menjadi sebuah solusi yang tepat untuk rumah sakit yang mengalami penurunan pendapatan di masa pandemi.

Keuntungan Apa Saja Yang Didapat dari Telemedis?

Penurunan kunjungan pasien dan masyarakat di rumah sakit saat masa pandemi ini memang suatu hal yang wajar. Mengapa demikian? Karena, rumah sakit merupakan salah satu area yang berbahaya dengan memiliki tingkat penularan virus yang tinggi. Dampaknya, pendapatan rumah sakit anjlok selama beberapa bulan terakhir. Lantas, apa yang harus dilakukan rumah sakit dan fasyankes lainnya agar tetap dapat bertahan di masa pandemi ini?

Trustmedis adalah salah satu perusahaan yang mendukung upaya Kemenkes RI untuk melakukan pencegahan Covid-19 dengan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Trustmedis telah merilis aplikasi Telemedis yang dapat membantu pasien melakukan konsultasi secara online. Lalu, keuntungan apa saja yang didapat ketika rumah sakit dan fasyankes menggunakan Telemedis? Simak beberapa keuntungannya sebagai berikut :

1. Telemedis telah sesuai dengan regulasi dari pemerintah Indonesia diantaranya Peraturan Konsil Kedokteran Indonesia Nomor 74 Tahun 2020 tentang “Kewenangan Klinis Dan Praktik Kedokteran Melalui Telemedicine Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Indonesia” dan Peraturan Badan Pengawas Obat Dan Makanan Nomor 8 Tahun 2020 tentang “Pengawasan Obat Dan Makanan Yang Diedarkan Secara Daring”.
2. Telemedis dapat diakses melalui HP, tablet atau komputer dari lokasi manapun dan pada waktu kapanpun selama memiliki jaringan internet yang stabil.
3. Memberikan akses untuk melakukan konsultasi dari tempat yang sulit dijangkau seperti wilayah pedesaan.
4. Rumah sakit dan fasyankes bebas menentukan jam kerja yang fleksibel serta penentuan jumlah pelayanan pasien yang diinginkan.
5. Telemedis diberikan secara gratis untuk rumah sakit dan fasyankes di seluruh Indonesia.

Nah, setelah tahu beberapa keuntungan dari penggunaan aplikasi Telemedis di atas, ternyata aplikasi Telemedis ini memberikan keuntungan tidak hanya untuk rumah sakit maupun fasyankes, melainkan juga untuk pasien, sehingga dikatakan simbiosis mutualisme yaitu sama-sama diuntungkan. Pasien dapat berobat tanpa harus datang ke rumah sakit, dan rumah sakit pun tidak kehilangan pasien serta pendapatannya. Bagaimana? Sudah yakin ingin menggunakan aplikasi telemedis untuk rumah sakit atau fasyankes Anda?

Ingin melakukan demo telemedis? Klik link http://staging-wp.trustmedis.com/telemedis untuk mengetahui informasi telemedis secara lengkap!

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram