Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
12 April 2021
chanafi@trustmedis.co.id

Perizinan Rumah Sakit Mematuhi Permenkes Rumah Sakit

Pendirian rumah sakit di Indonesia sudah diatur oleh undang-undang yang berlaku. Pendirian ini tidak boleh sembarangan karena Anda harus mematuhi permenkes rumah sakit yang dikeluarkan oleh Menteri Kesehatan. Ada standarisasi dalam mendirikan rumah sakit dan semua syarat harus Anda penuhi. Sebelum mendirikan rumah sakit, maka Anda bisa memahami beberapa hal dibawah ini. 

  • Izin Mendirikan Rumah Sakit 

Setiap proses pendirian dan penyelenggaraan rumah sakit pastinya harus memiliki izin pendirian. Izin tersebut juga berdasarkan peraturan yang berlaku. Izin mendirikan rumah sakit dibagi menjadi beberapa hal. Izin mendirikan rumah sakit ini adalah suatu izin yang secara resmi yang Anda dapatkan untuk proses mendirikan rumah sakit. Izin ini keluar setelah Anda mampu memenuhi beberapa persyaratan untuk mendirikan rumah sakit. 

Izin mendirikan rumah sakit tersebut adalah adanya jangka waktu selama 2 tahun dan bisa Anda perpanjang 1 tahun ke depannya. Aturan ini secara resmi tertulis di dalam Undang Undang no 44 tahun 2009 terkait perizinan rumah sakit. Di dalam permenkes rumah sakit no 56 tahun 2014 juga disebutkan bahwa izin mendirikan rumah sakit memiliki jangka 1 tahun dan mendapatkan perpanjangan 1 tahun. Pemberian perpanjangan izin tersebut bisa didapatkan dengan mengajukan pengajuan selambat-lambatnya 2 bulan sebelum waktu izin mendirikan rumah sakit tersebut berakhir. 

Pemohon biasanya akan mendirikan suatu rumah sakit dengan mengajukan permohonan izin tersebut yang sudah sesuai dengan klasifikasi, persyaratan, dan indikator kepuasan pasien rumah sakit. Anda bisa melampirkan berbagai berkas seperti dibawah ini. 

  • Fotokopi akta pendirian badan hukum sah sesuai undang – undang 
  • Master plan rumah sakit
  • Study kelayakan 
  • Dokumen pengelolaan dan pengolahan lingkungan 
  • Fotokopi sertifikat tanah yang sah 
  • Izin undang-undang gangguan 
  • Izin mendirikan bangunan 
  • Surat izin tempat usaha 
  • Rekomendasi dari pejabat berwenang terkait pendirian rumah sakit. 
  • Izin Operasional Rumah Sakit 

Tak hanya izin pendirian rumah sakit saja, Anda harus memperhatikan izin operasional rumah sakit tersebut. Anda harus mendapatkan izin ini untuk menyelenggarakan layanan kesehatan setelah Anda sudah memenuhi standarisasi yang diinginkan. Izin operasional ini memiliki jangka waktu 4 tahun dan bisa Anda perpanjang lagi setelah Anda mampu memenuhi persyaratan yang berlaku. Proses perpanjangan izin ini melalui proses yaitu dengan mengajukan permohonan perpanjangan paling lambat 6 bulan sebelum masa berlaku habis. 

Bila izin operasional tersebut berakhir, maka pihak pemilik rumah sakit harus menghentikan semua layanan dan operasional rumah sakit tersebut kecuali layanan inap dan gawat darurat. Tentu saja Anda harus bisa memenuhi persyaratan izin operasional sesuai dengan permenkes rumah sakit. Proses perpanjangan izin sebenarnya tidak terlalu lama asalkan Anda mampu memenuhi syarat-syaratnya secara lengkap.

Baca juga : Dengan Cloud Server Data Pasien Tetap Aman Saat Faskes Terdampak

Trustmedis software berbasis solusi dan memberikan jasa konsultasi menyeluruh dalam implementasi teknologi informasi, khususnya bidang kesehatan. Untuk informasi lebih lanjut, dapatkan aplikasi Trustmedis GRATIS untuk meningkatkan manajemen faskes Anda dengan mengakses http://staging-wp.trustmedis.com/demo. 

Coba Gratis Aplikasi

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram