Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
21 October 2021
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Perkiraan Waktu Pelayanan dari Booking Online Mengurangi Tumpukan Pasien di Klinik

Sebagian besar faskes mengalami kesulitan dalam mengontrol jumlah pasien mengingat tidak ada yang bisa membatasi jumlah pasien per hari, sehingga kedatangan pasien tidak terkontrol. Pasien datang ke faskes sesuka hatinya selama masih dalam rentang waktu jadwal praktek dokter yang mereka tuju yang menyebabkan penumpukan jumlah pasien di jam tertentu tidak dapat dihindari. Pasien akan cenderung berkerumun di ruang tunggu dan tidak memperhatikan protokol kesehatan untuk menjaga jarak antara satu sama lain. Saat ini, Indonesia masih berjuang untuk menekan jumlah angka positif harian COVID-19. Pemerintah pun masih gencar dalam mempromosikan pentingnya menjaga jarak untuk memutus rantai penularan virus. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi klinik untuk mencari cara agar jumlah pasien yang ada di klinik dapat lebih terkendali untuk menghindari penumpukan pasien di ruang tunggu. Selama ini klinik hanya membuka pendaftaran secara offline atau datang langsung. Perkembangan teknologi memungkinkan pasien melakukan janji temu dokter dengan booking online terlebih dahulu.

Booking online menjadi solusi untuk mengurangi penumpukan pasien yang mengantri di ruang tunggu. Fitur booking online dari Trustmedis dapat diakses melalui dua cara, yaitu melalui aplikasi Doctugo atau website faskes medisite (medical website). Doctugo dan medisite merupakan platform tambahan yang diterima faskes secara gratis ketika faskes telah menggunakan sistem HIS Trustmedis. Fitur booking online baik dari Doctugo dan medisite terintegrasi dengan sistem HIS Trustmedis, sehingga faskes dapat langsung mengetahui pasien-pasien yang mendaftar online.

Baca juga : Pentingnya Pengembangan Website Klinik Untuk Meningkatkan Pendapatan

Setelah pasien melakukan booking online melalui Doctugo atau medisite, pasien akan mendapatkan konfirmasi booking dokter. Pada konfirmasi booking dokter terdapat perkiraan waktu pelayanan. Misalkan, perkiraan waktu pelayanan 15:30:40, artinya pasien akan dilayani oleh dokter sekitar pukul 15:30. Pasien dianjurkan datang ke faskes pada mendekati waktu perkiraan pelayanan. Keuntungan bagi pasien adalah pasien bisa menunggu di rumah saja tanpa harus berlama-lama duduk di ruang tunggu. Selain itu, pasien tidak perlu khawatir bertemu atau berkerumun dengan pasien lainnya. Dengan begitu, rantai penularan virus dapat dicegah. 

Keuntungan bagi faskes, antara lain keramaian di faskes lebih terkendali, tidak ada penumpukan pasien, dan faskes tetap bisa menjaga protokol kesehatan dalam hal menjaga jarak antara satu sama lain. Keuntungan lain adalah di bagian farmasi juga apoteker tidak perlu terburu-buru dan lebih teliti dalam menyiapkan dan menjelaskan obat kepada pasien. Kesalahan pembacaan resep dan penyiapan obat dapat dihindari. Penjelasan apoteker kepada pasien terkait obat-obatan yang diterima pasien beserta rekomendasi gaya hidup dapat disampaikan lebih komprehensif dan pasien lebih mudah mencerna penjelasan apoteker.

Baca juga : Bagaimana Cara Membuat Sistem Rekam Medis Elektronik?

Fitur booking online Doctugo dan medisite yang terintegrasi dengan HIS Trustmedis dapat memberikan perkiraan waktu pelayanan yang memungkinkan memberi kenyamanan lebih bagi pasien dan meningkatkan kualitas pelayanan faskes. Kepercayaan pasien terhadap faskes juga meningkat.  Gunakan HIS Trustmedis untuk klinik Anda sekarang juga. Coba gratis dan daftarkan fasilitas kesehatan Anda di http://staging-wp.trustmedis.com/demo atau hubungi Call Center 0811 34 1212. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi yang terintegrasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik. Jaga fasilitas kesehatan Anda dalam kondisi terbaik dan tumbuhkan bisnis Anda bersama kami.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram