Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
16 March 2020
Baskoro Aris Sansoko

Bisnis klinik saat ini mulai dilirik sebagian besar pengusaha di bidang medis, dokter, dan kalangan investor. Pasalnya, dari tahun ke tahun perkembangannya semakin cepat dan nilai return atau balik modal serta keuntungannya pun cukup besar. Akan tetapi, ada satu hal di sini yang wajib diperhatikan ketika Anda akan mendirikan atau mengembangkan klinik yaitu segi pendanaan. Sebenarnya, pendanaan klinik dapat dilakukan dalam beberapa cara berikut ini.

Dana Pribadi

Cara pertama untuk pendanaan klinik yakni dengan menggunakan dana pribadi. Memang, cara ini tergolong tradisional, namun masih banyak diterapkan hingga sekarang. Dana pribadi ini bisa diperoleh dari hasil kerja pribadi atau dengan cara menabung. Bila Anda memilih pendanaan klinik dengan dana pribadi, sebaiknya memiliki perencanaan keuangan yang matang. Kemudian, pisahkan dana pribadi dengan dana yang dikhususkan untuk mengembangkan klinik yang sedang Anda rintis.

Dana Kemitraan

Jika dengan menggunakan dana pribadi dalam hal pendanaan klinik dirasa kurang, Anda bisa mencobanya dengan dana kemitraan. Dengan kata lain dana kemitraan ini sama halnya dengan patungan. Anda dapat mengajak rekan sesama dokter maupun kerabat yang memiliki visi yang sama dalam membangun dan mengembangkan sebuah klinik.

Hal yang perlu ditekankan di sini adalah, meskipun modal dana klinik tersebut berasal dari kemitraan namun harus dijalankan secara profesional. Begitu pula pada saat pembagian modal tersebut. Sebaiknya pendanaan atau modal tersebut haruslah sesuai kemampuan.

Melalui Lembaga Keuangan

Berikutnya, Anda juga bisa memanfaatkan lembaga keuangan sebagai pilihan untuk mendapatkan pendanaan klinik yang akan dikembangkan. Lembaga keuangan yang dimaksud di sini bisa bank dan lembaga keuangan lainnya. Biasanya lembaga keuangan ini akan menilai pinjaman pendanaan berdasarkan faktor 5C yakni character (karakter), collateral (jaminan), capacity (kemampuan dalam membayar utang), condition (kondisi), dan condition (kondisi). Kelima karakter itu sebaiknya Anda pahami dengan baik. Sebab, bila salah satu dari kelima faktor tersebut kurang atau tidak memenuhi persyaratan, maka akan sulit bagi Anda untuk mendapatkan pinjaman modal.

Dana Investor

Melalui dana investor memang menjadi cara yang paling mungkin Anda pilih selain dana kemitraan di atas. Nantinya, Anda dapat berbagi saham dengan para investor pendanaan pendirian klinik tersebut dalam kurun waktu tertentu. Bila memilih langkah ini, ada beberapa hal penting yang perlu Anda pehatikan di sini yakni:

  • Ajukan proposal yang menarik sesuai dengan apa yang Anda inginkan. Proposal yang menarik ini bisa membawa dampak besar terhadap penilaian investor terhadap klinik yang akan Anda buka.
  • Begitu pula dengan presentasi di hadapan investor harus menarik. Untuk ini, Anda bisa menyiapkan slide yang enak dipandang dan mudah dipahami. Jelaskan pula mengenai risiko usaha dan keuntungan usaha yang dijalankan.
  • Terakhir, tak ada salahnya bagi Anda untuk mengikuti pameran-pameran yang dihadiri investor. Justru di sinilah kesempatan untuk mendapatkan investor potensial untuk pendanaan klinik Anda akan lebih besar.

Membuka Franchise Klinik

Pilihan pendanaan klinik yang terakhir dapat Anda lakukan adalah dengan membuka dan bekerjasama dengan franchise kilinik yang telah ada sebelumnya. Biasanya, hal tersebut sering dilakukan untuk klinik tertentu seperti klinik kecantikan. Untuk modal franchise klinik ini memang bervariasi. Namun, semakin besar modal yang Anda miliki maka semakin besar pula memiliki franchise ternama.

Di sisi lain, bila Anda ingin memilih pendanaan klinik melalui franchise perhatikan pula lokasi klinik. Pemilik franchise akan menilai lokasi sebelum memutuskan dan memilih kerja sama sesuai dengan proposal yang telah diajukan. Begitu juga dengan target pasarnya. Misalnya, target pasarnya adalah mahasiswi, ibu-ibu muda, dan pa.ra profesional ini akan sangat tepat bila memilih lokasi ruko dekat kampus atau perumahan.

Setidaknya, itulah beberapa pilihan dalam pendanaan klinik yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda ketika ingin membuka atau mengembangkan klinik. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram