Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
12 March 2020
chanafi@trustmedis.co.id

Setiap dokter memahami bahwa rekam medis adalah kunci kenali pasien. Secara formal, pemerintah telah memberikan pengertian resminya. Pengertian tersebut dijelaskan dalam Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 269 Tahun 2008.

Rekam medis adalah berkas yang berisikan catatan dan dokumen tentang identitas pasien, pemeriksaan, pengobatan, tindakan dan pelayanan lain yang telah diberikan kepada pasien

Terdapat banyak kegunaan rekam medis bagi seorang dokter. Tidak terbatas pada pengobatan pasien, ia juga penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan. Selain itu, informasi tentang pasien ini juga dapat menunjang proses pendidikan dan penelitian kedokteran.

Di samping penting untuk peningkatan kualitas fasilitas kesehatan, manajemen klinik atau rumah sakit juga membutuhkannya. Manajemen bisa menggunakannya sebagai petunjuk penetapan biaya dalam fasilitas kesehatan. Catatan medis dapat digunakan sebagai bukti pembiayaan.

Manajemen klinik dan rumah sakit juga bisa menggunakannya untuk merumuskan statistika kesehatan. Melalui data statistik yang dikumpulkan, dapat dilihat naik turunnya tingkat penderita penyakit tertentu di masyarakat.

Berbagai manfaat tersebut hanya dapat diperoleh jika rekam medis diarsipkan dengan rapi. Apabila penyimpanannya tidak teratur, informasi yang terkumpul hanya akan digunakan sekadarnya. Bahkan, pengarsipan yang tidak rapi sebetulnya mencerminkan keengganan fasilitas kesehatan untuk melangkah lebih maju demi pasiennya.

Pencatatan Rapi dengan Rekam Medis Elektronik

Peralihan ke elektronik ini penting diwujudkan dalam sistem manajemen klinik Anda. Melalui peralihan ini data pasien akan lebih akurat, up-to-date, dan lengkap. Anda tidak perlu lagi untuk menambah rak lemari untuk menyimpan data pasien. Anda pun tidak lagi harus membuka rak satu per satu dan mencari data pasien.

Melibatkan pencatatan rekam medis elektronik dalam sistem manajemen klinik permudah Anda berurusan dengan catatan kesehatan pasien. Tinggal klik dan masukkan data di aplikasi, informasi pasien terekam tanpa khawatir hilang.

Saat ada pasien datang, pasien tak perlu lagi membawa kartu, sebut nama atau NIK dan aplikasi akan menemukannya otomatis. Catatan kesehatan langsung tersedia dan dokter bisa memulai atau melanjutkan pengobatan sesuai informasi yang ada.

Sistem Manajemen Klinik Menjadi Lebih Efisien

Ringkas proses pencatatan riwayat kesehatan yang rumit dengan modul rekam medis elektronik. Percepat alur pekerjaan di klinik Anda dan buat waktu semakin efektif untuk layani pasien. Buat komunikasi antara dokter dan pasien lebih baik dengan informasi yang tercatat dengan rapi.

Dapatkan pengalaman gunakan aplikasi sistem manajemen klinik yang melibatkan rekam medis elektronik. Klik langsung tulisan ini untuk mencoba demo gratis dari Trustmedis. Coba dan pilih libatkan Trustmedis pada sistem manajemen klinik Anda.

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram