Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
23 December 2020
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]

Seiring perkembangan teknologi informasi, mulai muncul rekam medis berbasis elektronik atau dikenal dengan Electronic Medical Record (ERM). ERM memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan rekam medis manual berbasis kertas, di antaranya mendukung pengambilan keputusan klinis (decision support system) seperti:

  • Rencana tindakan medis
  • Perawatan Pengobatan pasien
  • Mempermudah monitoring data pasien
  • Mempermudah pengumpulan data penelitian

Namun bukan berarti ERM tidak memiliki celah. Beberapa masalah yang dapat timbulkan ketika faskes mengembangkan ERM sendiri adalah:

  • Biaya infrastruktur yang cukup besar
  • Sumber daya yang kurang berpengalaman
  • Pembelian server yang cukup mahal
  • Biaya pemeliharaan yang besar
  • Biaya teknisi yang mahal
  • Harus meng-instal beberapa aplikasi pendukung
  • Keamanan data dan jaringan saat bencana

Permasalahan tersebut menjadikan penyimpanan rekam medis terus berkembang. Belakangan, layanan rekam medis elektronik berbasis cloud menjadi salah satu model baru yang menjembatani permasalahan tersebut. 

Layanan Cloud sebenarnya merupakan fasilitas yang sudah lama digunakan di Negara-negara maju. Namun di Indonesia, pemanfaatan Technology Cloud Computing, masih tergolong baru. Technology Cloud Computing ini juga memberikan kontribusinya dalam perkembangan dunia kesehatan.

baca juga : Dengan Cloud Server Data Pasien Tetap Aman Saat Faskes Terdampak Kebakaran

Untuk mendukung penyimpanan rekam medis berbasiscloud, Trustmedis, sebagai aplikasi kesehatan on-line nomer satu di Indonesia, memiliki pelayanan yang bernama on Cloud. Layanan Cloud Trustmedis aman dan mudah digunakan, bahkan untuk fasilitas kesehatan yang besar sekalipun.

Dengan layanan SIM RS, Klinik dan dokter berbasis Cloud Server, penyedia layanan kesehatan tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk infrastruktur seperti:

  • Biaya pengadaan server dan biaya maintenance rekam medis elektronik
  • Biaya infrastruktur. Dengan Cloud Trustmedis anda tidak perlu lagi menyediakan ruang khusus untuk tempat penyimpanan server
  • Data rekam medis dapat diakses secara mobile dimanapun dan kapanpun
  • Tidak perlu lagi memikirkan fitur rekam medis elektronik karena Cloud Trustmedis telah menyediakan fitur yang familiar bagi penggunanya
  • Data sharing dapat dilakukan dengan mudah antar fasilitas kesehatan, sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan
  • Jumlah data yang dapat tersimpan lebih besar dibandingkan rekam medis berbasis kertas.

Cloud Trustmedis telah menyediakan sistem pengamanan yang mencakup prosedur dan sistem pencegahan dan penanggulangan terhadap ancaman dan serangan yang menimbulkan gangguan, kegagalan, dan kerugian. Kejadian serangan siber (cyber attack) diminimalisir dengan peningkatan cyber security. Keamanan data juga dilakukan dengan membatasi akses untuk memperoleh informasi data pasien. Hal ini berkaitan dengan siapa saja yang boleh mengakses data dan rekam medis pasien.

Dapatkan Promo Akhir Tahun : Year End Promo – HIS PRO Trustmedis

Dapatkan aplikasi Trustmedis GRATIS untuk meningkatkan manajemen faskes anda dengan mengakses http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Dengan menggunakan trustmedis, faskes akan mendapatkan kemudahan. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram