Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
10 September 2020
chanafi@trustmedis.co.id

Saat ini, tata kelola keuangan dan akuntansi rumah sakit masih sangat beragam dan implementasi masih menggunakan beberapa standar. Penata laksanaan keuangan dan akuntansi rumah sakit dirasa masih belum mendapat perhatian utama oleh manajemen rumah sakit. Ketersediaan sistem informasi manajemen keuangan dan akuntansi rumah sakit belum mengikuti standar baku sesuai tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta perundangan yang berlaku.

Laporan keuangan rumah sakit merupakan aspek esensial yang harus diawasi. Laporan pendapatan atau keuangan secara umum merupakan landasan paling objektif untuk menentukan perkembangan bisnis rumah sakit. Masalah yang sering dihadapi rumah sakit hingga saat ini adalah tata kelola keuangan dengan metode lama dengan melakukan pencatatan laporan pendapatan secara manual.

Hal ini jelas membutuhkan ketrampilan dalam pencatatan. Tidak hanya itu, metode ini juga beresiko terjadinya kesalahan input bahkan seringkali terjadi penginputan data ganda. Masalah tersebut dapat mengakibatkan laporan keuangan menjadi kurang akurat. Penginputan data ganda pun bisa membuat kebijakan bisnis ke depan menjadi salah langkah.

Tata Kelola keuangan dengan metode lama juga memiliki kelemahan tertentu yang dapat menghambat lajunya perkembangan rumah sakit. Iklim bisnis saat ini, dibutuhkan kefisienan dan juga kecepatan dalam mengakses laporan keuangan, tidak hanya dalam hitungan hari, namun dalam hitungan menit.

Lalu bagaimana solusinya agar teta kelola keuangan rumah sakit menjadi lebih praktis dan efisien?

Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi memunculkan banyak inovasi dalam pengelolaan faskes. Salah satu bentuk inovasi tersebut adalah dengan kemunculan berbagai aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kesehatan atau Health Information System yang dapat diakses melalui gadget. Aplikasi SIMRS, SIMKLINIK, atau SIM faskes lainnya memiliki beragam modul yang tentunya akan memudahkan operasional rumah sakit Anda.

Untuk tata Kelola keungan, Trustmedis sebagai penyedia SIMRS memiliki modul keungan yang menjalankan fungsi tata kelola keuangan secara terintegritas. Modul ini bernama modul akuntansi. Modul akuntansi trusmedis berfungsi untuk membuat jurnal-jurnal keuangan seperti Jurnal Umum, Jurnal Pembelian, Jurnal Penjualan, Jurnal Kas Bank Keluar, dan Jurnal Kas Bank Masuk.

Selain itu, modul akuntansi Trustmedis juga dapat Anda gunakan untuk membuat Laporan HPP, Hutang, piutang, Laba/Rugi, Neraca, Aktiva Tetap, Arus Kas, Neraca Percobaan, hingga Buku Besar secara otomatis. Tentunya ini akan memudahkan Anda untuk membuat laporan keuangan rumah sakit dan juga lebih meminimalisir risiko kurang input atau input ganda.

Tidak hanya itu, modul akuntansi Trustmedis juga dapat memberikan akses untuk mengamati aktivitas keungan secara real time. Dengan menggunakan modul akuntansi Trustsmedis Anda dapat memantau keluar masuknya transaksi keungan langsung dari gadget yang Anda gunakan sehari-hari.

Modul akuntansi trustmedis juga memiliki menu pendukung seperti posting jurnal, unposting jurnal, serta closing transaksi dengan periode tahunan yang bisa dipilih. Tidak hanya itu, modul akuntansi trustmedis juga mendukung Laporan Jurnal Harian, Laporan Buku Besar, Laporan Neraca percobaan, Laporan Arus kas, Laporan Persediaan, Laporan Hutang, Laporan Piutang, Laporan Perubahan Aset tetap, Laporan Perubahan Modal, Laporan Laba/Rugi, Laporan Neraca serta Catatan Atas Laporan Keuangan.

Anda dapat mencoba langsung secara mudah modul akuntansi dari Trustmedis, klik disini untuk informasi lebih lanjut.

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram