Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
23 June 2020
Baskoro Aris Sansoko

Penyebaran layanan faskes yang tidak merata hingga ke daerah-daerah terpencil selalu menjadi hambatan dalam memenuhi hak kesehatan masyarakat. Kondisi ini membuat dipertimbangkannya telemedis solusi pemerataan layanan kesehatan. Hingga kini masih banyak daerah-daerah terpencil yang terhalang oleh akses jalan dan sangat minim fasilitas kesehatan.

Mulai dari halangan akses jalan, kurangnya tenaga medis hingga tidak lengkapnya peralatan medis di rumah sakit daerah. Alhasil pasien dengan penyakit kronis yang seharusnya bisa mendapatkan perawatan sesegera mungkin tidak dapat terselamatkan.

Hal ini tentu menjadi polemik tersendiri baik bagi pihak pemerintah dan masyarakat. Akses pelayanan kesehatan cenderung kurang adil dan merata bagi masyarakat di daerah terpencil dan kurang mampu.

Melihat permasalahan diatas, maka solusi apa yang dapat mengatasi ketidakmerataan pelayanan kesehatan? Tentu Telemedis adalah jawabannya

Apa itu Telemedis?

Telemedis adalah inovasi teknologi dibidang medis yang memudahkan aktivitas berobat. Kini Trustmedis menyediakan layanan program Telemedis bagi bisnis fasilitas kesehatan anda.

Telemedis adalah teknologi yang memudahkan pasien untuk berkonsultasi dengan dokter secara privat, tanpa harus bertatap muka langsung. Artinya pasien dan dokter dapat saling berkomunikasi secara daring hanya melalui gadget masing-masing.

Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Kesehatan pun juga ikut menganjurkan masyarakat untuk berobat dengan memanfaatkan Telemedis. Masyarakat dapat berobat hanya dengan mengakses sebuah aplikasi saja. Apalagi dimasa pandemic Covid-19 saat ini, masyarakat dihimbau untuk menerapkan physical distancing agar terhindar dari Covid-19.

Hal ini tentu membawa keuntungan bagi semua pihak, baik bagi pengusaha fasilitas kesehatan, dokter dan pasien. Efesiensi waktu dan biaya adalah nomor satu.

Bagi pasien konsultasi ini dapat memudahkan dan membantu pasien mendapat informasi mengenai dugaan diagnosis, perawatan dan penanganan yang tepat, serta tips menjaga kesehatan tubuh.

Bagi penyedia layanan fasilitas kesehatan, Telemedis dapat membawa keuntungan tersendiri. Mulai dari peluasan layanan kesehatan dimasyarakat, efesiensi waktu dan biaya, hingga meningkatnya pemasukan usaha kesehetan milik anda. Dengan begitu anda dapat mengembangkan bisnis faskes dengan tetap memperoleh kepercayaan dari pasien anda.

BagaimanaTelemedis Menjadi Solusi Pemerataan Layanan Kesehatan?

  1. Pasien dapat memperoleh perawatan secara lokal tanpa adanya peningkatan risiko dan biaya. Anda tidak perlu repot pergi ke Rumah sakit dan mengantri hanya untuk berkonsultasi mengenai masalah kesehatan anda. Layanan kesehatan ini dapat anda akses secara daring menggunakan gadget anda. Apalagi dimasa Pandemi Covid-19 saat ini, dengan adanya Telemedis anda tetap bisa berkonsultasi dengan dokter tanpa khawatir terpapar Covid-19.
  2. Fasilitas layanan kesehatan lokal dapat memperluas dan meningkatkan pelayanan sekaligus tingkatan biaya. Adanya Telemedis membawa dampak positif bagi pihak pasien dan penyedia layanan kesehatan. Rumah sakit dapat memperluas akses pelayanan hingga ke daerah pelosok, hal ini juga membawa pemasukan pendapatan bagi Rumah sakit bersangkutan.
  3. Pelayanan kesehatan dapat lebih maksimal karena praktik terbaik yakni berdasarkan bukti rekam medis. Saat pasien berkonsultasi dengan dokter melalui Telemedis, pasien hanya perlu mengungkapkan secara terbuka mengenai keluhan penyakit nya. Alhasil konsultasi dapat berjalan dengan maksimal dan efesien.
  4. Memberikan pengawasan pada pasien jarak jauh setelah perawatan dirumah dapat menjaga kesehatan pasien. Keluarga pasien dapat terus memantau kondisi kesehatan pasien berdasarkan saran anjuran dari Dokter, tanpa harus bolak-balik ke rumah sakit. Anda cukup melakukan video conference dengan dokter berkaitan.

Melihat berbagai kelebihan Telemedis, maka pastikan sekarang fasilitas kesehatan anda untuk mempertimbangkan menggunakan Telemedis, guna melayani masyarakat lebih luas. Ingin tahu lebih lanjut tentang Telemedis? Klik telemedis.staging-wp.trustmedis.com dan like, komen, dan share postingan ini sebanyak-banyaknya.

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram