Aplikasi Fasilitas Kesehatan
Aplikasi Fasilitas Kesehatan
19 January 2021
chanafi@trustmedis.co.id

[vc_row][vc_column][vc_column_text]Aturan dasar pelayanan farmasi sangatlah penting untuk dilakukan mengingat hal ini berkaitan dengan tanggung jawab kepada pasien dengan maksud mencapai hasil yang pasti untuk meningkatkan mutu kehidupan pasien. Dan juga bersinggungan secara langsung kepada pasien, itulah mengapa Klinik harus terus mengontrol acuan pelayanan farmasi demi meraih kepuasan pasien.

Oleh karena itu, untuk menjamin mutu pelayanan kefarmasian kepada masyarakat, maka ditetapkan Keputusan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1027 tahun 2004 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Apotek. Kualitas dan pelayanan farmasi yang lebih baik dan berorientasi kepada pasien harus terus dikembangkan untuk selalu memenuhi kebutuhan masyarakat yang selalu berubah dan juga terus meningkat. 

Kegiatan kefarmasian yang semula hanya berfokus pada pengelolaan obat sebagai komoditas, saat ini sudah mulai berkembang menjadi pelayanan yang komperhensif dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup dari pasien. Salah satu hal yang penting dan harus diperhatikan dalam menerapkan standart pelayanan farmasi adalah pengelolaan sediaan farmasi, alat kesehatan dan bahan medis. 

Alur pengelolaan sediaan farmasi meliputi beberapa fungsi dasar, yaitu:

  • Seleksi (selection)
  • Perencanaan dan pengadaan (procurement)
  • Distribusi dan penyimpanan (distribution) dan (storage)
  • Penggunaan (use) yang meliputi monitoring dan evaluasi (monitoring) dan (evaluation) yang memerlukan dukungan dari organisasi (organization), pendanaan (financing), pengelolaan informasi (information management) dan pengembangan sumber daya manusia (human resources)

baca juga :Tak Takut Bencana, RM Tetap Aman dengan Cloud Server

Di era digital seperti saat ini, pengelolaan sediaan farmasi menjadi semakin mudah. Dengan hadirnya aplikasi Sistem Informasi Manajemen atau HIS, dapat membantu pengelolan sediaan farmasi di apotek secara terintegrasi. Trusmedis, sebagai HIS telah menyediakan modul farmasi yang dapat membatu pengelolaan sediaan farmasi Apotek Anda. Modul farmasi Trustmedis memiliki sejumlah kelebihan, diantaranya:

  • Mengelola usulan pengadaan
  • Mengatur rencana pengadaan
  • Membuat surat pesanan
  • Mengorganisasikan penerimaan barang
  • Retur pembelian farmasi

Modul farmasi Trustmedis, memiliki fitur-fitur lain yang juga dapat membantu untuk mempermudah pengelolaan sediaan farmasi, seperti mengelola penanganan stok obat dan alkes, opname, sekaligus mutasi farmasi serta pembuangan dan pengalihannya, mencetak laporan hpp, pareto, persediaan, pemakaian BHP hingga laporan stok keluar penjualan. Lalu apa saja keunggulan dari fitur dalam modul farmasi Trustmedis?

  1. Notifikasi E-resep dan Obat Kadaluarsa

Pada fitur ini digunakan untuk melihat resep yang diinputkan dari pelayanan, jadi dengan ini pihak farmasi akan mendapatkan notifikasi bahwa ada resep masuk secara real time. Sedangkan fitur obat kadaluarsa digunakan untuk membantu pihak farmasi mengetahui obat apa saja yang sudah kadaluarsa dan tidak perlu bersusah payah untuk mencari satu demi satu. Fitur ini akan menampilkan data obat yang kadaluarsa minimal seminggu sebelum massa kadaluarsa obat tersebut.

  1. Laporan Persediaan

Fitur ini memudahkan Anda untuk mengelola, mencetak dan memonitor laporan persediaan per bulan sehingga Anda dapat membuat perencanaan obat dan alkes secara efektif dan efisien.

  1. Pelacakan obat secara realtime dan mudah

Fitur kartu stok ini memudahkan Anda untuk mengelola dan melihat data atau informasi obat mulai dari nama obat, tanggal kadaluarsa obat, serta pemasukaan dan pengeluaran obat dan sisa obat beserta pada unit kerja mana barang tersebut disimpan. Fitur ini bersifat realtime.

Modul Farmasi Trustmedis juga memiliki fitur Stock Opname untuk memudahkan dalam pengaturan serta penginputan obat-obatan serta alat kesehatan lainnya yang ada di Apotek. Dapatkan aplikasi Trustmedis GRATIS untuk meningkatkan manajemen faskes anda dengan mengakses http://staging-wp.trustmedis.com/demo. Dengan menggunakan trustmedis, faskes akan mendapatkan kemudahan. Trustmedis memahami fasilitas kesehatan untuk tumbuh lebih cepat melalui penggunaan aplikasi teknologi automasi demi pelayanan pasien dan dokter yang lebih baik.

Coba Gratis Aplikasi[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

promo simrs
Coba Gratis Sekarang

Artikel terbaru

Lihat semua artikel
9 May 2023
Regulatory Sandbox Definisi Serta Langkah Penerapannya

Regulatory sandbox, metode ini memungkinkan perusahaan untuk menguji produk atau layanan baru dengan jumlah pelanggan yang terbatas serta...

Read More
12 April 2023
Seminar Peningkatan Kompetensi Tenaga IT Dalam Implementasi RME

Perlu adanya pembekalan kompetensi kepada tim IT fasilitas kesehatan, sebagai upaya percepatan transformasi digital kesehatan di Indonesia.

Read More
5 April 2023
Apa Itu Clinical Pathway?

Clinical pathway mencakup proses pengambilan keputusan yang dibagi antara pasien, keluarga, dan tim medis untuk memastikan bahwa perawatan....

Read More
TRUSTMEDIS
© Copyright 2024 Trustmedis Indonesia
apartmentfile-addgraduation-hatbookusersbubblechart-bars
Avatar

dari baru saja mengajukan demo gratis
✔ verified by staging-wp.trustmedis.com

linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram